Jumat, 22 Februari 2013

" Kalau Mau Mencuri, Jangan Lupa Ngaca Dulu ? "


Tadi sesaat setelah Sholat Jumat, saya menghampiri kotak amal masjid Tadi sesaat setelah Sholat Jumat, saya menghampiri kotak amal masjid (di situ tulisannya "Amal Jariyah"), saya sejak awal merasa tertarik dengan kotak amal itu.
Bentuk kotaknya sih biasa saja, namun sisi bagian depan kotak itu semuanya di lapisi cermin, jadi mirip seperti lemari baju yang memiliki cermin besar di bagian depannya.
Yang membuat saya tertarik lagi adalah adanya tulisan pada kaca itu, bunyinya;
" KALAU MAU AMBIL UANG, JANGAN LUPA NGACA DULU "

Hmm.., saya jadi terbersit pikiran tentang mitos tuyul. Mitos yang beredar sih mengatakan kalau tuyul takut dengan cermin. Dan karena kotak itu adalah kotak amal yang isinya uang, mungkin penempatan cermin pada kotak amal itu bertujuan untuk mengusir tuyul agar tidak mencuri uang yang ada di dalamnya.

Namun saya kembali ke tulisan yang ada di kotak amal itu, dan muncul pertanyaan yang menggelitik nalar saya;
1. Memangnya tuyul bisa baca !?
2. Dan ini kan Masjid, masa iya tuyul berani keluyuran sampai mencuri di kotak amal masjid !?

Akhirnya saya sampai pada kesimpulan, mungkin cermin dan tulisan itu adalah kreatifitas takmir (pengurus masjid) yang di buat untuk 'tuyul' yang kasat mata, yang kelihatan, yang doyan makan minum dan merokok. Dengan kata lain untuk oknum manusia yang suka mencuri isi kotak amal di masjid itu.
Pesannya jelas: KALAU MAU AMBIL UANG, (Kalau mencuri uang kotak amal),
JANGAN LUPA NGACA DULU (bercerminlah; ini masjid, apa tidak malu mencuri di masjid?).

*Based on my true story.

Tidak ada komentar: